Senin, 11 September 2017

5 Tips & Trik Bermain Rubik Lebih Cepat

2 komentar
Mau tau cara agar bisa menyelesaikan rubik lebih cepat? Nih, aku kasi tips dan triknya

Rubik Bagus
    Tips pertama dari aku adalah pake rubik yang bagus. Rubik bagus yg ku maksud disini bukan rubik yg 'mahal', tapi rubik yg 'feelnya cocok di tangan'. Contohnya aku, aku suka rubik yg feelnya sedikit sandy atau berpasir dan putarannya ringan, jadi aku pilih Yan3 sebagai main cube ku. Pastikan kalian pilih rubik yg sesuai feelnya dengan kalian. Kalian bisa liat2 review rubik di youtube atau disini.

Slow Turning & Look Ahead
    Tips dan trik kedua dari aku adalah slow turning & look ahead. Sebelum aku kasi tips dan triknya, aku mau kasi tau dulu apa itu slow turning & look ahead. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, slow turning artinya putaran pelan dan look ahead artinya melihat kedepan. Jadi maksudnya gini, misalnya dalam tahap F2L (First 2 Layer), jadi kalian melihat dan mencari pasangan F2L kedua disaat kamu sedang mengeksekusi atau memasukan F2L pertama. Nah, saat F2L pertama sudah selesai dieksekusi, kamu langsung eksekusi pasangan F2L kedua yang tadi kamu cari sekaligus melihat dan mencari pasangan F2L ketiga, begitu pun seterusnya sampai tahap F2L selesai.
    Jadi dengan slow turning & look ahead, kamu bisa memasukan pasangan-pasangan F2L tanpa perlu jeda atau berhenti memutar cube. Tapi jangan terlalu pelan juga memutar cubenya yaa 😄😄

Turning Per Second
    Tips dan trik selanjutnya adalah turning per second atau biasanya disingkat jadi TPS. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, TPS artinya putaran per detik. Nah, setelah kamu tau slow turning, kamu tinggal tingkatin aja TPS mu dengan cara memutar cube lebih cepat lagi. Tapi ga perlu langsung cepat gitu yaa. Jadi kamu putar cubemu makin lama makin cepat, kalo dari lambat banget, trus langsung mau cepat banget, itu malah lebih susah lagi. Jadi putarnya dipercepat sedikit demi sedikit 😉

Fingertrick
    Tips dan trik keempat dari aku adalah fingertrick. Salah satu kunci supaya bisa bermain rubik lebih cepat adalah fingertrick yg bagus. Kamu bisa liat-liat di youtube fingertricknya. Kamu juga bisa latihan fingertrick dengan algo R U R' U' (Sexy Move) diulang-ulang. Nah, latihan fingertrick ini juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan TPS.

Latihan
    Tips dan trik dari aku yg terakhir adalah L A T I H A N. Yups, latihan adalah hal yg paling penting. Kalo kalian males latihan, alhasil kalian akan susah untuk bertambah lebih cepat bermain rubik. "Kak, aku udh latihan tapi tetep tidak ada perkembangan nih"
Semua butuh proses, tidak ada yg instan
    Sekalinya pun namanya mie instan, pasti tetep perlu ada proses juga kan sebelum mengkonsumsinya 😏? Dan ingat, bukan "TIDAK" ada perkembangan, tapi "BELUM" ada perkembangan. Pasti ada perkembangan kalo kalian latihan dan nikmati prosesnya karena pasti akan indah pada waktunya #azekk 😎
    Dari awal main rubik tepatnya di tahun 2015 sampai setahun kemudian aku baru bisa sub 20. Ya, cukup lama sih. Tapi kalo kamu niat dan nikmati proses latihannya, waktu akan berlalu cepat #azekk 😎 Kalo untuk rubik 3x3, aku biasanya latihan 50-100 solve perhari. Atau bisa lebih dari itu kalo ada waktu luang. Dan karena rutin latihan, sekarang aku udh sub 15. 2 tahun menekuni rubik dan baru sub 15, prosesnya lama banget ya? wkwkk 😂😂
    Tapi bisa aja kalian lebih cepet dari aku, siapa tau kalian bisa sub 15 dalam 1 tahun, atau bisa aja 1 tahun kurang, siapa yg tau kan? Tapi itu tergantung kalian lagi, seberapa rutin kalian latihannya.
Practice make you perfect

Itu aja tips dan trik dari aku, semoga bermanfaat buat kalian, dan jangan lupa latihan yaa 😀  

2 komentar :