Minggu, 04 Desember 2016

Rubik ?

Tidak ada komentar
Rubik ? Apa itu ? Apakah semacam makanan ? minuman ? binatang ? atau  hewan ? (apa bedanya sama binatang :v)

Pernah liat puzzle kubus warna-warni pas kecil ? Pernah liat orang main kubus warna-warni itu ? Ya, jadi puzzle kubus warna-warni itu disebut Rubik.

Rubik adalah puzzle mekanisme yg dibuat oleh seorang profesor bernama Erno Rubik pada tahun 1974. Nah, dari sanalah nama "Rubik" dibuat. Kalian tau gak ? Kalo rubik itu ternyata mempunyai 43.252.003.274.489.856.000 kombinasi dan hanya ada "SATU" solusi. Wih banyak banget yah, jadi wajar aja kalo orang yg bisa main rubik dibilang pinter (azekk :v). Rubik dalam kondisi teracak (scramble) bisa diselesaikan dengan 20 gerakan atau kurang. Rubik juga memiliki banyak variasi dan bentuk yg unik, ada 2x2, 3x3, 4x4, 5x5, 6x6, 7x7, Pyraminx, Megaminx, Gigaminx, Petaminx, Yottaminx, Skewb, dan masih banyak lagi.

Rubik mulai terkenal di Indonesia setelah Indonesia Open 2009 dimana acara ini diliput oleh SCTV. Tidak lama setelah itu, rubik mulai populer di Indonesia. Kompetisi rubik kedua di Indonesia yaitu Indonesia Open 2010.

Kalian tau gak ? Ternyata di Indonesia ada komunitas rubik loh! Ada Nusantara Speedcubing Association, Komunitas Rubik's Indonesia, Paguyuban Rubik Jogjakarta, Kubus Bali, dll. Hampir di setiap daerah memiliki komunitas rubik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar